Friday, 6 November 2015

AWAL MASA KANAK-KANAK



AWAL MASA KANAK-KANAK
(2-6 Tahun)
  1. CIRI-CIRI MASA KANAK-KANAK
  • USIA YANG MENGUNDANG MASALAH ATAU USIA SULIT, HAL INI BERKAITAN DENGAN :
    • MASALAH PERAWATAN FISIK BAYI.
    • MASALAH PERILAKU DAN PERASAAN, ANAK SERINGKALI : BANDEL, KERAS KEPALA, TIDAK MENURUT, SUKA MELAWAN, MARAH TANPA ALASAN YANG JELAS, MIMPI BURUK, TAKUT YANG TIDAK RASIONAL, DAN MERASA CEMBURU.
    • USIA MAINAN, ANAK BANYAK MENGHABISKAN WAKTU UNTUK BERMAIN. MASA INI AKAN SEGERA BERKURANG KETIKA ANAK MENGINJAK USIA SEKOLAH.
    • USIA PRASEKOLAH, ARTINYA MASA INI MERUPAKAN MASA PERSIAPAN BAIK FISIK MAUPUN MENTAL UNTUK MEMASUKI DUNIA PENDIDIKAN.
    • USIA KELOMPOK, ARTINYA MASA DIMANA ANAK MEMPELAJARI DASAR-DASAR PERILAKU SOSIAL.
    • USIA MENJELAJAH (USIA BERTANYA), ANAK INGIN TAHU BANYAK TENTANG LINGKUNGAN SEKITAR NYA.
    • USIA MENIRU, ANAK SUKA MENIRU PEMBICARAAN DAN PERILAKU ORANG LAIN.
    • USIA KREATIF, PADA MASA INI ANAK MENUNJUKKAN KREATIFITAS DALAM BERMAIN, DIBANDING MASA LAIN.

  1. TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK AWAL.
  • BELAJAR MEMAKAN MAKANAN PADAT
  • BELAJAR BERJALAN DENGAN BENAR
  • BELAJAR BERBICARA
  • BELAJAR MENGENDALIKAN PEMBUANGAN KOTORAN
  • MEMPELAJARI PERBEDAAN SEKS DAN TATA CARANYA
  • MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MEMBACA
  • BELAJAR MEMBEDAKAN BENAR DAN SALAH DAN MULAI MENGEMBANGKAN HATI NURANI.

  1. PERKEMBANGAN FISIK.
  • TINGGI BERTAMBAH RATA-RATA 3 INCI TIAP TAHUN
  • BERAT BERTAMBAH ANTARA 3 – 5 PON TIAP TAHUN
  • PERKEMBANGAN BAGIAN TUBUH :
    • DAGU TAMPAK LEBIH JELAS
    • LEHER MEMANJANG
    • DADA LEBIH BIDANG DAN RATA
    • BAHU LEBIH LUAS DAN PERSEGI
    • LENGAN DAN KAKI LEBIH PANJANG DAN LURUS.
    • POSTUR TUBUH, ATAU BENTUK TUBUH ANAK MULAI JELAS, APAKAH ANAK BERPOSTUR :
      • ENDOMORFIK YAITU GEMUK DAN LEMBEK
      • MESOMORFIK YAITU KUAT DAN BEROTOT
      • EKTOMORFIK YAITU KURUS.
    • TULANG DAN OTOT MENJADI LEBIH BESAR, LEBIH KUAT DAN LEBIH BERAT.
    • GIGI, PADA USIA ANTARA 26 – 28 BULAN, 4 GIGI GERAHAN  ANAK AKAN MUNCUL. DAN SEBELUM MENGINJAK USIA 5,5 TAHUN SELURUH GIGI TELAH TUMBUH, DAN KEMUDIAN MULAI TANGGAL DAN DIGANTIKAN GIGI YANG TETAP.

  1. KETERAMPILAN PADA MASA KANAK-KANAK.
  • MASA KANAK-KANAK MERUPAKAN MASA YANG PALING IDEAL UNTUK MEMPELAJARI KETERAMPILAN TERTENTU, TERUTAMA HAL-HAL YANG MENYANGKUT MOTORIK, HAL INI KARENA :
    • ANAK SUKA MENGULANG-ULANG SUATU GERAKAN
    • ANAK BERSIFAT PEMBERANI (TIDAKADARASA TAKUT DAN MALU)
    • ANAK MUDAH DAN CEPAT BELAJAR SUATU GERAKAN, KARENA TUBUH MEREKA MASIH SANGAT LENTUR DAN BELUM BANYAK HAL YANG DIPELAJARI SEHINGGA MUDAH UNTUK DIAJAR DAN DILATIH.
    • KETERAMPILAN YANG HARUS DIKUASAI ANAK ANTARA LAIN :
      • MAKAN
      • MANDI DAN BERPAKAIAN
      • MENGIKAT TALI SEPATU
      • MENYISIR RAMBUT
      • MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA
      • MENGGUNAKAN GUNTING
      • MENGGAMBAR DAN MEWARNA
      • BERLARI DAN MELOMPAT
      • MEMANJAT
      • NAIK SEPEDA
      • BERENANG.
    • MASA KANAK-KANAK INI MERUPAKAN MASA KRITIS DIDALAM MENENTUKAN PILIHAN MENGGUNAKAN TANGAN, KIRI ATAU KANAN

5. PERKEMBANGAN BICARA  MASA KANAK-KANAK
  • KEMAMPUAN BERBICARA BERKEMBANG DENGAN CEPAT HAL INI KARENA ANAK MEMILIKI KEINGINAN YANG KUAT UNTUK BELAJAR BERBICARA.
  • BERBICARA BAGI ANAK MERUPAKAN :
    • SARANA POKOK DALAM SOSIALISASI
    • SARANA UNTUK MEMPEROLEH KEMANDIRIAN (AGAR ANAK TIDAK DIPERLAKUKAN SEPERTI BAYI)

  1. PERKEMBANGAN EMOSI PADA MASA KANAK-KANAK AWAL
  • BANYAK FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSI ANAK, NAMUN SECARA UMUM EMOSI ANAK LEBIH BANYAK DIPENGARUHI OLEH KEADAAN PSIKOLOGISNYA DARI PADA FAKTOR LAIN.
  • EMOSI YANG UMUM TERJADI PADA MASA ANAK ADALAH
    • AMARAH
      • PENYEBAB TIMBULNYA : PERTENGKARAN, TIDAK TERCAPAI- NYA KEINGINAN
      • BENTUK UNGKAPAN MARAH : MENANGIS, BERTERIAK, MENGGERTAK, MENENDANG DAN MEMUKUL.
      • TAKUT
        • PENYEBAB TIMBULNYA : PEMBIASAAN, PENIRUAN DAN INGATAN TENTANG PENG- ALAMAN YANG KURANG MENYENANGKAN SEPERTI CERITA, GAMBAR, ACARA RADIO, ACARA TELEVISI DAN FILM YANG MENAKUTKAN
        • BENTUK UNGKAPAN TAKUT : PANIK, LARI, MENGHINDAR, BERSEMBUNYI, DAN MENANGIS.
          • CEMBURU
          • PENYEBAB TIMBULNYA : MINAT DAN PERHATIAN ORANG TUA BERALIH KEPADA ORANG LAIN, MISALNYA ADIK YANG BARU LAHIR.
          • BENTUK UNGKAPAN  CEMBURU : MENGOMPOL, PURA-PURA SAKIT, ATAU MENJADI NAKAL (SEMUANYA BERTUJUAN UNTUK MENARIK PERHATIAN)
      • IRI HATI
        • PENYEBAB TIMBULNYA : INGIN MEMILIKI BARANG ATAU KEMAMPUAN SEPERTI YANG DIMILIKI ORANG LAIN
        • BENTUK UNGKAPAN IRI HATI : MENGELUH TENTANG APA YANG DIMILIKINYA, MENG- UNGKAPKAN KEINGINAN UNTUK MEMILIKI BARANG SEPERTI YANG DIMILIKI ORANG LAIN
      • GEMBIRA
        • PENYEBAB TIMBULNYA : SEHAT, BERHASIL MELAKUKAN TUGAS YANG DIANGGAP SULIT, BERHASIL MEMBOHONGI ORANG LAIN, MENDENGAR BUNYI-BUNYIAN YANG LUCU DAN LAIN-LAIN.
        • BENTUK UNGKAPAN GEMBIRA : TERSENYUM, TERTAWA, BERTEPUK TANGAN, MELOMPAT-LOMPAT, MEMELUK ORANG ATAU BENDA YANG MEMBUAT BAHAGIA
      • SEDIH
        • PENYEBAB TIMBULNYA : KEHILANGAN SESUATU YANG DICINTAI DAN DIANGGAP PENTING BAIK ITU BERUPA BARANG, BINATANG MAUPUN ORANG.
        • BENTUK UNGKAPAN SEDIH : MENANGIS, KEHILANGAN MINAT TERHADAP KEGIATAN NORMALNYA, MISALNYA MAKAN.
      • INGIN TAHU
        • ANAK MEMPUNYAI RASA INGIN TAHU YANG BESAR TERHADAP HAL-HAL YANG BARU, DAN ANEH.
        • UNTUK MENGUNGKAPKAN RASA INGIN TAHUNYA ANAK BERTANYA KEPADA AYAH ATAU IBUNYA, DAN JUGA  REAKSI-REAKSI LAIN.
          • KASIH SAYANG
          • ANAK BELAJAR MENCINTAI ORANG, BINATANG  ATAU BENDA YANG MENYENANGKANNYA
          • BENTUK UNGKAPANNYA : DENGAN KATA-KATA, MEMELUK, MENEPUK-NEPUK, DAN MENCIUM OBYEK TERSEBUT.

  1. SOSIALISASI PADA MASA KANAK-KANAK
  • MASA KANAK-KANAK MERUPAKAN MASA PRAKELOMPOK, ARTINYA PADA MASA INI DASAR-DASAR SOSIALISASI MULAI DILETAKKAN
  • SOSIALISASI DIAWALI DENGAN MENINGKATNYA HUBUNGAN ANTARA ANAK DENGAN TEMAN SEBAYANYA DARI TAHUN KETAHUN. POLA SOSIALISASI AWAL INI BERUPA :
    • BERMAIN SEJAJAR, PADA TAHAP INI ANAK BERMAIN SENDIRI-SENDIRI, DAN BELUM TERJADI KONTAK ANTARA ANAK SATU DENGAN ANAK LAIN, KALAUPUN TERJADI KONTAK, MAKA KONTAK INI TERJADI KARENA PERTENGKARAN, PERKELAHIAN DAN BUKAN KERJASAMA.
    • BERMAIN ASOSIATIF, ANAK TERLIBAT DALAM KEGIATAN YANG MENYERUPAI KEGIATAN ANAK LAIN.
    • BERMAIN KOOPERATIF, ANAK TERLIBAT AKTIF  DALAM INTERAKSI KELOMPOK (MENJADI ANGGOTA SUATU KELOMPOK)
    • SECARA UMUM POLA PERILAKU ANAK DAPAT DIBEDAKAN ATAS :
      • POLA SOSIAL:
        • MENIRU, ANAK MENIRU SIKAP DAN PERILAKU ORANG YANG DIKAGUMINYA
        • PERSAINGAN, ANAK BERKEINGINAN UNTUK MENGUNGGULI DAN MENGALAHKAN ORANG LAIN
        • KERJA SAMA, ANAK MULAI MENGEMBANGKAN SIFAT KOOPERATIF PADA USIA 3 TAHUN
        • SIMPATI, ANAK MULAI MENGEMBANGKAN POLA PERILAKU IKUT TERHANYUT DENGAN PERASAAN ORANG LAIN.
        • EMPATI, ANAK MULAI MEMBAYANGKAN DIRINYA SEPERTI ORANG LAIN
        • DUKUNGAN SOCIAL, ANAK MENGANGGAP BAHWA DUKUNGAN DAN PERSETUJUAN TEMAN SEBAYA LEBIH PENTING DARI PADA DUKUNGAN DAN PERSETUJUAN ORANG-ORANG DEWASA (ORANG TUA), BAHKAN PERILAKU SALAH, NAKAL ATAU TIDAK BENAR SEKALIPUN AKAN IYA LAKUKAN DEMI MEN- DAPAT DUKUNGAN DARI TEMAN-TEMANNYA.
        • MEMBAGI, ANAK SUDAH MEMPUNYAI ANGGAPAN BAHWA DENGAN MEMBAGI APA YANG DIMILIKINYA, MISALNYA MAINAN, KUE, MAKA IYA AKAN MEMPEROLEH PERSETUJUAN SOCIAL
        • PERILAKU AKRAB, ANAK YANG PADA WAKTU BAYINYA MEMPEROLEH KEPUASAN DARI HUBUNGAN YANG HANGAT, ERAT DAN PERSONAL DENGAN ORANG LAIN AKAN MENGEMBANGKAN SIKAP KASIH SAYANG KEPADA ORANG-ORANG LAIN (TETANGGA, TEMAN SEBAYA, KAKAK, ADIK DAN LAIN-LAIN)
      • POLA TIDAK SOSIAL:
        • NEGATIVISME, MELAWAN OTORITAS ORANG DEWASA (USIA 3 – 4 TAHUN), BENTUKNYA FISIK DAN KEMUDIAN BERUBAH MENJADI VERBAL DAN PURA-PURA TIDAK MENDENGAR.
        • AGRESIF, TERJADI ANTARA USIA 2 – 4 TAHUN, MULA-MULA AGRESIFITAS DALAM BENTUK ACTION (PERILAKU) KEMUDIAN BERUBAH  KE BENTUK VERBALISME.
        • PERILAKU BERKUASA, YAITU TINDAKAN MENGUASAI ATAU MERAJAI ATAU SEAKAN-AKAN MENJADI BOS.
        • MEMIKIRKAN DAN MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI, KARENA PADA AWAL-AWAL KEHIDUPANNYA ANAK HANYA TERBATAS PADA RUMAH, MAKA ANAK AKAN SERING MEMIKIRKAN DAN MEMENTINGKAN DIRINYA SENDIRI, NAMUN LAMBAT-LAUN DENGAN SEMAKIN BANYAKNYA INTERAKSI SOSIAL YANG IYA LAKUKAN HAL TERSEBUT MENJADI BERKURANG
        • MERUSAK, AMARAH PADA MASA KANAK-KANAK SERINGKALI DISERTAI DENGAN TINDAKAN MERUSAK BENDA-BENDA DISEKITARNYA, BAIK ITU MILIKNYA MAUPUN MILIK ORANG LAIN.

  1. 8.    POLA BERMAIN AWAL MASA KANAK-KANAK
  • BERMAIN DENGAN MAINAN, BERMAIN DENGAN MAINAN MERUPAKAN BENTUK YANG DOMINAN PADA AWAL MASA KANAK-KANAK. NAMUN KETERTARIKAN ANAK TERHADAP MAINAN INI MAKIN LAMA MAKIN BERKURANG DAN BERPINDAH PADA POLA PERMAINAN KELOMPOK
  • BERMAIN DENGAN DRAMATISASI, PADA USIA SEKITAR TIGA TAHUN, ANAK MULAI BELAJAR BERMAIN PERAN.
  • KONSTRUKSI, SALAH SATU POLA PERMAINAN YANG DIMINATI PADA MASA KANAK-KANAK ADALAH MEMBUAT BENTUK-BENTUK DENGAN BALOK-BALOK, LUMPUR, TANAH LIAT, MANIK-MANIK, CAT, PASTA, DAN KRAYON.
  • PERMAINAN, MENGINJAK USIA EMPAT TAHUN, ANAK MULAI TERTARIK UNTUK MELAKUKAN PERMAINAN DENGAN TEMAN SEBAYA.
  • MEMBACA, ANAK SUKA SEKALI MELIHAT GAMBAR DAN DIBACAKAN CERITA DAN DONGENG TENTANG HEWAN ATAU KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
  • FILM, RADIO DAN TELEVISI, DIANTARA KETIGA HAL TERSEBUT, ANAK PALING SUKA DENGAN TELEVISI, TERUTAMA TAYANGAN-TAYANGAN TENTANG FILM KARTUN, FILM TENTANG BINATANG DAN TENTANG KELUARGA.

  1. KONSEP UMUM YANG BERKEMBANG PADA AWAL MASA KANAK-KANAK.
  • KEHIDUPAN, ANAK CENDERUNG MEMBERIKAN SIFAT YANG HIDUP KEPADA BONEKA, MAINAN  DAN BENDA-BENDA MATI LAIN.
  • KEMATIAN, ANAK MENGHUBUNGKAN KEMATIAN DENGAN SESUATU YANG PERGI, TETAPI MEREKA BELUM DAPAT MENGERTI APA MAKNA KEMATIAN.
  • FUNGSI TUBUH, KONSEP ANAK MENGENAI FUNGSI TUBUH MASIH BELUM SEMPURNA.
  • RUANG, KONSEP RUANG SUDAH MULAI BER- KEMBANG PADA ANAK USIA EMPAT TAHUN.
  • BERAT, ANAK PRASEKOLAH MEMBERI KONSEP BERAT BERDASARKAN BESAR-KECILNYA BENDA, DAN HAL INI BERLANGSUNG SAMPAI ANAK MENDAPATKAN PELAJARAN TENTANG KONSEP BERAT DISEKOLAHNYA.
  • BILANGAN, SAMPAI DENGAN MENJELANG MASUK SEKOLAH DASAR KONSEP ANAK MENGENAI BILANGAN MASIH SANGAT SAMAR.
  • WAKTU, ANAK BELUM MEMAHAMI KONSEP TENTANG WAKTU DENGAN SEMPURNA SAMPAI ANAK MASUK SEKOLAH DASAR.
  • DIRI SENDIRI, KONSEP MENGENAI DIRI SENDIRI MASIH BERKISAR TENTANG JENIS KELAMIN, NAMA LENGKAP DAN NAMA-NAMA ANGGOTA TUBUH.
  • KESADARAN SOSIAL, SAMPAI DENGAN AWAL MASA KANAK-KANAK BERAKHIR, ANAK SUDAH MEM- PUNYAI KONSEP TENTANG ORANG LAIN, DALAM KONSEP BAIK, JAHAT, PANDAI DAN BODOH.
  • KELUCUAN, ANAK TELAH MENGEMBANGKAN KONSEP-KONSEP KELUCUAN TENTANG BINATANG PIARAAN, MAINAN, DAN PERILAKU.

  1. 10.     PERKEMBANGAN MORAL
  • PERKEMBANGAN MORAL AWAL MASA KANAK-KANAK MASIH RENDAH, HAL INI TERKAIT ERAT  DENGAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL ANAK YANG MASIH DALAM TAHAP PRA-OPERATIONAL.
  • ANAK HANYA BELAJAR BAGAIMANA BERTINDAK TANPA MENGETAHUI MENGAPA (ALASANNYA)
  • MENURUT PIAGET, PERKEMBANGAN MORAL AWAL MASA KANAK-KANAK BERKEMBANG MELALUI APA YANG DISEBUT “MORALITAS MELALUI PAKSAAN” ARTINYA MORAL DITANAM- KAN MELAUI “REINFORCEMENT DAN PUNISH- MENT” OLEH ORANG DISEKELILINGNYA.
  • DISIPLIN MERUPAKAN SALAH SATU CARA MASYARAKAT MENGAJARKAN PERILAKU MORAL PADA ANAK-ANAK. DISIPLIN DITANAMKAN KEPADA ANAK MELALUI UNSUR-UNSUR :
v   PERATURAN DAN HUKUM, SEBAGAI PEDOMAN.
v   PUNISHMENT, BAGI PELANGGAR PERATURAN DAN HUKUM.
v   REINFORCEMENT, BAGI YANG MEMATUHINYA.

SEDANG JENIS DISIPLIN YANG DIGUNAKAN  PADA AWAL MASA KANAK-KANAK ADALAH :
v   DISIPLIN OTORITER
  • DASAR FILSAFAT : MENGHEMAT CAMBUKAN BERARTI MEMANJAKAN ANAK.
  • PERATURAN ATAU HUKUM DIBUAT OLEH ORANG TUA ATAU PENGASUH
  • TIDAK ADA PENJELASAN KEPADA ANAK, MENGAPA DAN UNTUK APA ANAK HARUS MELAKUKAN SEPERTI INI (PATUH)
  • PUNISHMENT SERINGKALI KEJAM DAN KERAS
  • REINFORCEMENT TIDAK PERLU DIBERIKANKARENA :
    • MEMATUHI PERATURAN DIANGGAP SE- BAGAI KEWAJIBAN
    • HADIAH DIANGGAP SEBAGAI SOGOKAN KEPADA ANAK UNTUK MELAKUKAN SE- SUATU.
v   DISIPLIN YANG LEMAH
  • DASAR FILSAFATNYA : MELALUI AKIBAT PER- BUATANNYA SENDIRI ANAK AKAN BELAJAR BAGAIMANA BERPERILAKU SECARA SOSIAL.
  • TIDAK ADA PERATURAN DAN HUKUM
  • TIDAK ADA PUNISHMENT
  • TIDAK ADA REINFORCEMENT.
v   DISIPLIN DEMOKRATIS
  • ANAK DIBERI HAK UNTUK MENGETAHUI ALASAN DAN TUJUAN PERATURAN DAN HUKUM DIBUAT.
  • ANAK DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGE- MUKAKAN PENDAPATNYA TENTANG ADIL ATAU TIDAKNYA PERATURAN TERSEBUT.
  • PUNISHMENT DIBERIKAN SESUAI DENGAN KADAR KESALAHAN. DAN HUKUMAN BADAN (AVERSIVE STIMULY) DITIADAKAN.
  • REINFORCEMENT DIBERIKAN DALAM BENTUK PUJIAN DAN PENGAKUAN SOSIAL.

PENGARUH DISIPLIN PADA ANAK-ANAK
  • PENGARUH PADA PERILAKU
    • DISIPLIN OTORITER
ü    ANAK AKAN SANGAT PATUH BILA DI- HADAPAN ORANG DEWASA
ü    AGRESIF DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TEMAN SEBAYA
  • DISIPLIN YANG LEMAH
ü    ANAK AKAN MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI
ü    TIDAK MENGHIRAUKAN HAK ORANG LAIN
ü    AGRESIF DAN TIDAK SOSIAL
  • DISIPLIN YANG DEMOKRATIS
ü    ANAK AKAN BELAJAR MENGENDALIKAN PERILAKU YANG SALAH
ü    MEMPERTIMBANGKAN HAK-HAK ORANG LAIN
  • PENGARUH PADA SIKAP
    • DISIPLIN OTORITER
ü    MEMBENCI ORANG YANG BERKUASA
ü    MERASA DIPERLAKUKAN TIDAK ADIL
  • DISIPLIN YANG LEMAH
ü    MEMBENCI ORANG YANG BERKUASA
ü    MERASA DIABAIKAN, DAN TIDAK DIURUS OLEH ORANG TUANYA.
  • DISIPLIN YANG DEMOKRATIS
ü    ANAK AKAN MERASA MARAH SEMEN- TARA, TAPI BUKAN KEBENCIAN.
ü    SIKAP HIDUPNYA CENDERUNG MENETAP DAN STABIL.
  • PENGARUH PADA KEPRIBADIAN
    • DISIPLIN OTORITER
ü    ANAK CENDERUNG CEMBERUT, DAN NEGATIVISTIK
ü    MENGALAMI KESULITAN PENYESUAIAN PRIBADI DAN SOSIAL
  • DISIPLIN LEMAH
ü    MENGALAMI KESULITAN  PENYESUAIAN PRIBADI DAN SOSIAL
ü    SULIT DIATUR (“SEMAU GUE” ALIAS “SAK KAREPE DEWEK”)
  • DISIPLIN YANG DEMOKRATIS
ü    SECARA PRIBADI DAN SOSIAL MUDAH MENYESUAIKAN DIRI.

No comments:

Post a Comment