AWAL MASA KANAK-KANAK
(2-6 Tahun)
- CIRI-CIRI MASA KANAK-KANAK
- USIA YANG MENGUNDANG MASALAH ATAU USIA SULIT, HAL INI BERKAITAN DENGAN :
- MASALAH PERAWATAN FISIK BAYI.
- MASALAH PERILAKU DAN PERASAAN, ANAK SERINGKALI : BANDEL, KERAS KEPALA, TIDAK MENURUT, SUKA MELAWAN, MARAH TANPA ALASAN YANG JELAS, MIMPI BURUK, TAKUT YANG TIDAK RASIONAL, DAN MERASA CEMBURU.
- USIA MAINAN, ANAK BANYAK MENGHABISKAN WAKTU UNTUK BERMAIN. MASA INI AKAN SEGERA BERKURANG KETIKA ANAK MENGINJAK USIA SEKOLAH.
- USIA PRASEKOLAH, ARTINYA MASA INI MERUPAKAN MASA PERSIAPAN BAIK FISIK MAUPUN MENTAL UNTUK MEMASUKI DUNIA PENDIDIKAN.
- USIA KELOMPOK, ARTINYA MASA DIMANA ANAK MEMPELAJARI DASAR-DASAR PERILAKU SOSIAL.
- USIA MENJELAJAH (USIA BERTANYA), ANAK INGIN TAHU BANYAK TENTANG LINGKUNGAN SEKITAR NYA.
- USIA MENIRU, ANAK SUKA MENIRU PEMBICARAAN DAN PERILAKU ORANG LAIN.
- USIA KREATIF, PADA MASA INI ANAK MENUNJUKKAN KREATIFITAS DALAM BERMAIN, DIBANDING MASA LAIN.
- TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK AWAL.
- BELAJAR MEMAKAN MAKANAN PADAT
- BELAJAR BERJALAN DENGAN BENAR
- BELAJAR BERBICARA
- BELAJAR MENGENDALIKAN PEMBUANGAN KOTORAN
- MEMPELAJARI PERBEDAAN SEKS DAN TATA CARANYA
- MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MEMBACA
- BELAJAR MEMBEDAKAN BENAR DAN SALAH DAN MULAI MENGEMBANGKAN HATI NURANI.
- PERKEMBANGAN FISIK.
- TINGGI BERTAMBAH RATA-RATA 3 INCI TIAP TAHUN
- BERAT BERTAMBAH ANTARA 3 – 5 PON TIAP TAHUN
- PERKEMBANGAN BAGIAN TUBUH :
- DAGU TAMPAK LEBIH JELAS
- LEHER MEMANJANG
- DADA LEBIH BIDANG DAN RATA
- BAHU LEBIH LUAS DAN PERSEGI
- LENGAN DAN KAKI LEBIH PANJANG DAN LURUS.
- POSTUR TUBUH, ATAU BENTUK TUBUH ANAK MULAI JELAS, APAKAH ANAK BERPOSTUR :
- ENDOMORFIK YAITU GEMUK DAN LEMBEK
- MESOMORFIK YAITU KUAT DAN BEROTOT
- EKTOMORFIK YAITU KURUS.
- TULANG DAN OTOT MENJADI LEBIH BESAR, LEBIH KUAT DAN LEBIH BERAT.
- GIGI, PADA USIA ANTARA 26 – 28 BULAN, 4 GIGI GERAHAN ANAK AKAN MUNCUL. DAN SEBELUM MENGINJAK USIA 5,5 TAHUN SELURUH GIGI TELAH TUMBUH, DAN KEMUDIAN MULAI TANGGAL DAN DIGANTIKAN GIGI YANG TETAP.
- KETERAMPILAN PADA MASA KANAK-KANAK.
- MASA KANAK-KANAK MERUPAKAN MASA YANG PALING IDEAL UNTUK MEMPELAJARI KETERAMPILAN TERTENTU, TERUTAMA HAL-HAL YANG MENYANGKUT MOTORIK, HAL INI KARENA :
- ANAK SUKA MENGULANG-ULANG SUATU GERAKAN
- ANAK BERSIFAT PEMBERANI (TIDAKADARASA TAKUT DAN MALU)
- ANAK MUDAH DAN CEPAT BELAJAR SUATU GERAKAN, KARENA TUBUH MEREKA MASIH SANGAT LENTUR DAN BELUM BANYAK HAL YANG DIPELAJARI SEHINGGA MUDAH UNTUK DIAJAR DAN DILATIH.
- KETERAMPILAN YANG HARUS DIKUASAI ANAK ANTARA LAIN :
- MAKAN
- MANDI DAN BERPAKAIAN
- MENGIKAT TALI SEPATU
- MENYISIR RAMBUT
- MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA
- MENGGUNAKAN GUNTING
- MENGGAMBAR DAN MEWARNA
- BERLARI DAN MELOMPAT
- MEMANJAT
- NAIK SEPEDA
- BERENANG.
- MASA KANAK-KANAK INI MERUPAKAN MASA KRITIS DIDALAM MENENTUKAN PILIHAN MENGGUNAKAN TANGAN, KIRI ATAU KANAN
5. PERKEMBANGAN BICARA MASA KANAK-KANAK
- KEMAMPUAN BERBICARA BERKEMBANG DENGAN CEPAT HAL INI KARENA ANAK MEMILIKI KEINGINAN YANG KUAT UNTUK BELAJAR BERBICARA.
- BERBICARA BAGI ANAK MERUPAKAN :
- SARANA POKOK DALAM SOSIALISASI
- SARANA UNTUK MEMPEROLEH KEMANDIRIAN (AGAR ANAK TIDAK DIPERLAKUKAN SEPERTI BAYI)
- PERKEMBANGAN EMOSI PADA MASA KANAK-KANAK AWAL
- BANYAK FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSI ANAK, NAMUN SECARA UMUM EMOSI ANAK LEBIH BANYAK DIPENGARUHI OLEH KEADAAN PSIKOLOGISNYA DARI PADA FAKTOR LAIN.
- EMOSI YANG UMUM TERJADI PADA MASA ANAK ADALAH
- AMARAH
- PENYEBAB TIMBULNYA : PERTENGKARAN, TIDAK TERCAPAI- NYA KEINGINAN
- BENTUK UNGKAPAN MARAH : MENANGIS, BERTERIAK, MENGGERTAK, MENENDANG DAN MEMUKUL.
- TAKUT
- PENYEBAB TIMBULNYA : PEMBIASAAN, PENIRUAN DAN INGATAN TENTANG PENG- ALAMAN YANG KURANG MENYENANGKAN SEPERTI CERITA, GAMBAR, ACARA RADIO, ACARA TELEVISI DAN FILM YANG MENAKUTKAN
- BENTUK UNGKAPAN TAKUT : PANIK, LARI, MENGHINDAR, BERSEMBUNYI, DAN MENANGIS.
- CEMBURU
- PENYEBAB TIMBULNYA : MINAT DAN PERHATIAN ORANG TUA BERALIH KEPADA ORANG LAIN, MISALNYA ADIK YANG BARU LAHIR.
- BENTUK UNGKAPAN CEMBURU : MENGOMPOL, PURA-PURA SAKIT, ATAU MENJADI NAKAL (SEMUANYA BERTUJUAN UNTUK MENARIK PERHATIAN)
- IRI HATI
- PENYEBAB TIMBULNYA : INGIN MEMILIKI BARANG ATAU KEMAMPUAN SEPERTI YANG DIMILIKI ORANG LAIN
- BENTUK UNGKAPAN IRI HATI : MENGELUH TENTANG APA YANG DIMILIKINYA, MENG- UNGKAPKAN KEINGINAN UNTUK MEMILIKI BARANG SEPERTI YANG DIMILIKI ORANG LAIN
- GEMBIRA
- PENYEBAB TIMBULNYA : SEHAT, BERHASIL MELAKUKAN TUGAS YANG DIANGGAP SULIT, BERHASIL MEMBOHONGI ORANG LAIN, MENDENGAR BUNYI-BUNYIAN YANG LUCU DAN LAIN-LAIN.
- BENTUK UNGKAPAN GEMBIRA : TERSENYUM, TERTAWA, BERTEPUK TANGAN, MELOMPAT-LOMPAT, MEMELUK ORANG ATAU BENDA YANG MEMBUAT BAHAGIA
- SEDIH
- PENYEBAB TIMBULNYA : KEHILANGAN SESUATU YANG DICINTAI DAN DIANGGAP PENTING BAIK ITU BERUPA BARANG, BINATANG MAUPUN ORANG.
- BENTUK UNGKAPAN SEDIH : MENANGIS, KEHILANGAN MINAT TERHADAP KEGIATAN NORMALNYA, MISALNYA MAKAN.
- INGIN TAHU
- ANAK MEMPUNYAI RASA INGIN TAHU YANG BESAR TERHADAP HAL-HAL YANG BARU, DAN ANEH.
- UNTUK MENGUNGKAPKAN RASA INGIN TAHUNYA ANAK BERTANYA KEPADA AYAH ATAU IBUNYA, DAN JUGA REAKSI-REAKSI LAIN.
- KASIH SAYANG
- ANAK BELAJAR MENCINTAI ORANG, BINATANG ATAU BENDA YANG MENYENANGKANNYA
- BENTUK UNGKAPANNYA : DENGAN KATA-KATA, MEMELUK, MENEPUK-NEPUK, DAN MENCIUM OBYEK TERSEBUT.
- SOSIALISASI PADA MASA KANAK-KANAK
- MASA KANAK-KANAK MERUPAKAN MASA PRAKELOMPOK, ARTINYA PADA MASA INI DASAR-DASAR SOSIALISASI MULAI DILETAKKAN
- SOSIALISASI DIAWALI DENGAN MENINGKATNYA HUBUNGAN ANTARA ANAK DENGAN TEMAN SEBAYANYA DARI TAHUN KETAHUN. POLA SOSIALISASI AWAL INI BERUPA :
- BERMAIN SEJAJAR, PADA TAHAP INI ANAK BERMAIN SENDIRI-SENDIRI, DAN BELUM TERJADI KONTAK ANTARA ANAK SATU DENGAN ANAK LAIN, KALAUPUN TERJADI KONTAK, MAKA KONTAK INI TERJADI KARENA PERTENGKARAN, PERKELAHIAN DAN BUKAN KERJASAMA.
- BERMAIN ASOSIATIF, ANAK TERLIBAT DALAM KEGIATAN YANG MENYERUPAI KEGIATAN ANAK LAIN.
- BERMAIN KOOPERATIF, ANAK TERLIBAT AKTIF DALAM INTERAKSI KELOMPOK (MENJADI ANGGOTA SUATU KELOMPOK)
- SECARA UMUM POLA PERILAKU ANAK DAPAT DIBEDAKAN ATAS :
- POLA SOSIAL:
- MENIRU, ANAK MENIRU SIKAP DAN PERILAKU ORANG YANG DIKAGUMINYA
- PERSAINGAN, ANAK BERKEINGINAN UNTUK MENGUNGGULI DAN MENGALAHKAN ORANG LAIN
- KERJA SAMA, ANAK MULAI MENGEMBANGKAN SIFAT KOOPERATIF PADA USIA 3 TAHUN
- SIMPATI, ANAK MULAI MENGEMBANGKAN POLA PERILAKU IKUT TERHANYUT DENGAN PERASAAN ORANG LAIN.
- EMPATI, ANAK MULAI MEMBAYANGKAN DIRINYA SEPERTI ORANG LAIN
- DUKUNGAN SOCIAL, ANAK MENGANGGAP BAHWA DUKUNGAN DAN PERSETUJUAN TEMAN SEBAYA LEBIH PENTING DARI PADA DUKUNGAN DAN PERSETUJUAN ORANG-ORANG DEWASA (ORANG TUA), BAHKAN PERILAKU SALAH, NAKAL ATAU TIDAK BENAR SEKALIPUN AKAN IYA LAKUKAN DEMI MEN- DAPAT DUKUNGAN DARI TEMAN-TEMANNYA.
- MEMBAGI, ANAK SUDAH MEMPUNYAI ANGGAPAN BAHWA DENGAN MEMBAGI APA YANG DIMILIKINYA, MISALNYA MAINAN, KUE, MAKA IYA AKAN MEMPEROLEH PERSETUJUAN SOCIAL
- PERILAKU AKRAB, ANAK YANG PADA WAKTU BAYINYA MEMPEROLEH KEPUASAN DARI HUBUNGAN YANG HANGAT, ERAT DAN PERSONAL DENGAN ORANG LAIN AKAN MENGEMBANGKAN SIKAP KASIH SAYANG KEPADA ORANG-ORANG LAIN (TETANGGA, TEMAN SEBAYA, KAKAK, ADIK DAN LAIN-LAIN)
- POLA TIDAK SOSIAL:
- NEGATIVISME, MELAWAN OTORITAS ORANG DEWASA (USIA 3 – 4 TAHUN), BENTUKNYA FISIK DAN KEMUDIAN BERUBAH MENJADI VERBAL DAN PURA-PURA TIDAK MENDENGAR.
- AGRESIF, TERJADI ANTARA USIA 2 – 4 TAHUN, MULA-MULA AGRESIFITAS DALAM BENTUK ACTION (PERILAKU) KEMUDIAN BERUBAH KE BENTUK VERBALISME.
- PERILAKU BERKUASA, YAITU TINDAKAN MENGUASAI ATAU MERAJAI ATAU SEAKAN-AKAN MENJADI BOS.
- MEMIKIRKAN DAN MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI, KARENA PADA AWAL-AWAL KEHIDUPANNYA ANAK HANYA TERBATAS PADA RUMAH, MAKA ANAK AKAN SERING MEMIKIRKAN DAN MEMENTINGKAN DIRINYA SENDIRI, NAMUN LAMBAT-LAUN DENGAN SEMAKIN BANYAKNYA INTERAKSI SOSIAL YANG IYA LAKUKAN HAL TERSEBUT MENJADI BERKURANG
- MERUSAK, AMARAH PADA MASA KANAK-KANAK SERINGKALI DISERTAI DENGAN TINDAKAN MERUSAK BENDA-BENDA DISEKITARNYA, BAIK ITU MILIKNYA MAUPUN MILIK ORANG LAIN.
- 8. POLA BERMAIN AWAL MASA KANAK-KANAK
- BERMAIN DENGAN MAINAN, BERMAIN DENGAN MAINAN MERUPAKAN BENTUK YANG DOMINAN PADA AWAL MASA KANAK-KANAK. NAMUN KETERTARIKAN ANAK TERHADAP MAINAN INI MAKIN LAMA MAKIN BERKURANG DAN BERPINDAH PADA POLA PERMAINAN KELOMPOK
- BERMAIN DENGAN DRAMATISASI, PADA USIA SEKITAR TIGA TAHUN, ANAK MULAI BELAJAR BERMAIN PERAN.
- KONSTRUKSI, SALAH SATU POLA PERMAINAN YANG DIMINATI PADA MASA KANAK-KANAK ADALAH MEMBUAT BENTUK-BENTUK DENGAN BALOK-BALOK, LUMPUR, TANAH LIAT, MANIK-MANIK, CAT, PASTA, DAN KRAYON.
- PERMAINAN, MENGINJAK USIA EMPAT TAHUN, ANAK MULAI TERTARIK UNTUK MELAKUKAN PERMAINAN DENGAN TEMAN SEBAYA.
- MEMBACA, ANAK SUKA SEKALI MELIHAT GAMBAR DAN DIBACAKAN CERITA DAN DONGENG TENTANG HEWAN ATAU KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
- FILM, RADIO DAN TELEVISI, DIANTARA KETIGA HAL TERSEBUT, ANAK PALING SUKA DENGAN TELEVISI, TERUTAMA TAYANGAN-TAYANGAN TENTANG FILM KARTUN, FILM TENTANG BINATANG DAN TENTANG KELUARGA.
- KONSEP UMUM YANG BERKEMBANG PADA AWAL MASA KANAK-KANAK.
- KEHIDUPAN, ANAK CENDERUNG MEMBERIKAN SIFAT YANG HIDUP KEPADA BONEKA, MAINAN DAN BENDA-BENDA MATI LAIN.
- KEMATIAN, ANAK MENGHUBUNGKAN KEMATIAN DENGAN SESUATU YANG PERGI, TETAPI MEREKA BELUM DAPAT MENGERTI APA MAKNA KEMATIAN.
- FUNGSI TUBUH, KONSEP ANAK MENGENAI FUNGSI TUBUH MASIH BELUM SEMPURNA.
- RUANG, KONSEP RUANG SUDAH MULAI BER- KEMBANG PADA ANAK USIA EMPAT TAHUN.
- BERAT, ANAK PRASEKOLAH MEMBERI KONSEP BERAT BERDASARKAN BESAR-KECILNYA BENDA, DAN HAL INI BERLANGSUNG SAMPAI ANAK MENDAPATKAN PELAJARAN TENTANG KONSEP BERAT DISEKOLAHNYA.
- BILANGAN, SAMPAI DENGAN MENJELANG MASUK SEKOLAH DASAR KONSEP ANAK MENGENAI BILANGAN MASIH SANGAT SAMAR.
- WAKTU, ANAK BELUM MEMAHAMI KONSEP TENTANG WAKTU DENGAN SEMPURNA SAMPAI ANAK MASUK SEKOLAH DASAR.
- DIRI SENDIRI, KONSEP MENGENAI DIRI SENDIRI MASIH BERKISAR TENTANG JENIS KELAMIN, NAMA LENGKAP DAN NAMA-NAMA ANGGOTA TUBUH.
- KESADARAN SOSIAL, SAMPAI DENGAN AWAL MASA KANAK-KANAK BERAKHIR, ANAK SUDAH MEM- PUNYAI KONSEP TENTANG ORANG LAIN, DALAM KONSEP BAIK, JAHAT, PANDAI DAN BODOH.
- KELUCUAN, ANAK TELAH MENGEMBANGKAN KONSEP-KONSEP KELUCUAN TENTANG BINATANG PIARAAN, MAINAN, DAN PERILAKU.
- 10. PERKEMBANGAN MORAL
- PERKEMBANGAN MORAL AWAL MASA KANAK-KANAK MASIH RENDAH, HAL INI TERKAIT ERAT DENGAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL ANAK YANG MASIH DALAM TAHAP PRA-OPERATIONAL.
- ANAK HANYA BELAJAR BAGAIMANA BERTINDAK TANPA MENGETAHUI MENGAPA (ALASANNYA)
- MENURUT PIAGET, PERKEMBANGAN MORAL AWAL MASA KANAK-KANAK BERKEMBANG MELALUI APA YANG DISEBUT “MORALITAS MELALUI PAKSAAN” ARTINYA MORAL DITANAM- KAN MELAUI “REINFORCEMENT DAN PUNISH- MENT” OLEH ORANG DISEKELILINGNYA.
- DISIPLIN MERUPAKAN SALAH SATU CARA MASYARAKAT MENGAJARKAN PERILAKU MORAL PADA ANAK-ANAK. DISIPLIN DITANAMKAN KEPADA ANAK MELALUI UNSUR-UNSUR :
v PUNISHMENT, BAGI PELANGGAR PERATURAN DAN HUKUM.
v REINFORCEMENT, BAGI YANG MEMATUHINYA.
SEDANG JENIS DISIPLIN YANG DIGUNAKAN PADA AWAL MASA KANAK-KANAK ADALAH :
v DISIPLIN OTORITER
- DASAR FILSAFAT : MENGHEMAT CAMBUKAN BERARTI MEMANJAKAN ANAK.
- PERATURAN ATAU HUKUM DIBUAT OLEH ORANG TUA ATAU PENGASUH
- TIDAK ADA PENJELASAN KEPADA ANAK, MENGAPA DAN UNTUK APA ANAK HARUS MELAKUKAN SEPERTI INI (PATUH)
- PUNISHMENT SERINGKALI KEJAM DAN KERAS
- REINFORCEMENT TIDAK PERLU DIBERIKANKARENA :
- MEMATUHI PERATURAN DIANGGAP SE- BAGAI KEWAJIBAN
- HADIAH DIANGGAP SEBAGAI SOGOKAN KEPADA ANAK UNTUK MELAKUKAN SE- SUATU.
- DASAR FILSAFATNYA : MELALUI AKIBAT PER- BUATANNYA SENDIRI ANAK AKAN BELAJAR BAGAIMANA BERPERILAKU SECARA SOSIAL.
- TIDAK ADA PERATURAN DAN HUKUM
- TIDAK ADA PUNISHMENT
- TIDAK ADA REINFORCEMENT.
- ANAK DIBERI HAK UNTUK MENGETAHUI ALASAN DAN TUJUAN PERATURAN DAN HUKUM DIBUAT.
- ANAK DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGE- MUKAKAN PENDAPATNYA TENTANG ADIL ATAU TIDAKNYA PERATURAN TERSEBUT.
- PUNISHMENT DIBERIKAN SESUAI DENGAN KADAR KESALAHAN. DAN HUKUMAN BADAN (AVERSIVE STIMULY) DITIADAKAN.
- REINFORCEMENT DIBERIKAN DALAM BENTUK PUJIAN DAN PENGAKUAN SOSIAL.
PENGARUH DISIPLIN PADA ANAK-ANAK
- PENGARUH PADA PERILAKU
- DISIPLIN OTORITER
ü AGRESIF DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TEMAN SEBAYA
- DISIPLIN YANG LEMAH
ü TIDAK MENGHIRAUKAN HAK ORANG LAIN
ü AGRESIF DAN TIDAK SOSIAL
- DISIPLIN YANG DEMOKRATIS
ü MEMPERTIMBANGKAN HAK-HAK ORANG LAIN
- PENGARUH PADA SIKAP
- DISIPLIN OTORITER
ü MERASA DIPERLAKUKAN TIDAK ADIL
- DISIPLIN YANG LEMAH
ü MERASA DIABAIKAN, DAN TIDAK DIURUS OLEH ORANG TUANYA.
- DISIPLIN YANG DEMOKRATIS
ü SIKAP HIDUPNYA CENDERUNG MENETAP DAN STABIL.
- PENGARUH PADA KEPRIBADIAN
- DISIPLIN OTORITER
ü MENGALAMI KESULITAN PENYESUAIAN PRIBADI DAN SOSIAL
- DISIPLIN LEMAH
ü SULIT DIATUR (“SEMAU GUE” ALIAS “SAK KAREPE DEWEK”)
- DISIPLIN YANG DEMOKRATIS
No comments:
Post a Comment