BAB IV
HASIL PENELITIAN
A.
Gambaran Umum Lokasi Penelitian
1.
Sejarah Berdirinya SMKN 1 Ponorogo
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo semula bernama Sekolah Menengah
Ekonomi Atas (SMEA) Ponorogo, berdiri pada tanggal 5 Mei 1969 beralamat di
jalan Jendral Sudirman No.105 Ponorogo yang merupakan sekolah Filial atau
cabang dari SMEA Negeri Madiun dengan kepala sekolah M.Soedarman, B.A.
Berdasarkan
Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
No.077/0/1974, tentang perubahan status SMEA Negeri Madiun di Ponorogo
Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur menjadi SMEA Negeri Ponorogo Propinsi
Jawa Timur, dengan jurusan Tata Buku, Tata Usaha dan Tata Niaga, sekaligus
menunjuk M.Soedarman, B.A. selaku Kepala Sekolah.
Berdasarkan
Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
No.036/O/1974 Tanggal 3 April 1997 tentang Perubahan nomer klatur SMKTA menjadi
SMK serta organisasi dan Tata kerja SMK maka SMEA Negeri Ponorogo berganti nama
menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo yang berlaku sejak 2
Juni 1997, dengan membuka jurusan Perkantoran, Akuntansi, Manajemen Bisnis,
Kepala Sekolah saat itu Moesono Sarbini, B.A.
Perubahan
kurikulum 1999 ke kurikulum 2001 istilah jurusan diganti dengan Program
Keahlian Perkantoran Menjadi Sekretaris,
Manajemen Bisnis menjadi Penjualan. Pada kurikulum 2004 tidak mengalami
perubahan pada istilah program keahlian.
Seiring
perkembangan re-enginering paradigma pendidikan kejuruhan tahun 2004, SMK
Negeri 1 Ponorogo pada tahun pelajaran 2004/2005 menambah program keahlian baru
yaitu Multimedia (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Sehingga sejak
tahun pelajaran 2004/2005 SMK Negeri 1 Ponorogo membuka 4 Program Keahlian :
Akuntansi, Adminitrasi Perkantoran, Penjualan, Multimedia.
Tapi akhirnya
pada tahun 2008 SMK Negeri 1 Ponorogo, mampu membuka jurusan baru yaitu Rekaya
Perangkat Lunak (RPL).
2.
Letak Geografis SMKN 1 Ponorogo
Lokasi SMKN 1
Ponorogo berada di Jl.Jendral Sudirman 10 Ponorogo.
Telp.
0352 – 481293 atau Fax 0352 – 462663.
E-mail : smkn1_ponorogo@yahoo.co.id
3.
Visi, Misi dan Tujuan SMKN 1 Ponorogo
a.
Visi
Menjadikan lembaga
pendidikan dan pelatihan kejuruan berstandar nasional / internasional,
berwawasan unggul, kompetitif dan profesional berdasarkan IMTAQ.
b.
Misi
·
Membentuk tamatan yang berkepribadian unggul dan mampu
mengembangkan diri dengan berlandaskan IMTAQ
·
Menyiapkan calon wirausahawan
·
Menjadikan SMK yang mandiri dan professional
·
Menjadikan SMK sebagai sumber informasi
c.
Tujuan SMKN 1 Ponorogo
·
Meningkatkan keterserapan tamatan SMK
·
Meningkatkan kualitas
tamatan SMK sesuai tuntutan dunia kerja (DU/DI)
·
Menyiapkan tamatan SMK yang
mampu mengembangkan sikap profesional
·
Menyiapakan tamatan SMK yang unggul dan kompetitif
·
Mewujudkan etos kerja dan kualitas kinerja kependidikan sesuai
dengan tugas dan fungsinya secara konsisten
B.
Deskripi Data
1.
Data Tentang Efektifitas Komunikasi Orang Tua Siswa Siswi Kelas X Multimedia
SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2012/2013.
Dalam
penelitian ini yang dijadikan objek peneliti adalah siswa siswi kelas X Multimedia
SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran 2012/2013 yang jumlahnya 37 anak.
Untuk
memperoleh data mengenai komunikasi orang tua siswa -siswi kelas X Multimedia SMKN
1 Ponorogo tahun ajaran 2012/2013, peneliti menggunakan sumber data sekunder
yang mengambil contoh skripsi dari Mungin Pribadi dengan judul “Pengaruh
Komunikasi Orang Tua Yang Efektif
Terhadap Prestasi Belajar aqidah akhlak siswa – siswi kelas VII Mts
Nurul Mujtahidin tahun ajaran 2000/2001 .
Adapun hasil
skor intensitas efektifitas komuniksai orang tua siswa siswi kelas X Multimedia
SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran 2012/2013 pada tabel berikut ini.
No.
|
Skor Efektifitas Komunikasi Orang Tua
|
Jumlah Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
90
|
1
|
2,702%
|
2
|
85
|
2
|
5,405%
|
3
|
80
|
10
|
27,027%
|
4
|
75
|
9
|
24,324%
|
5
|
70
|
4
|
10,810%
|
6
|
65
|
5
|
13,513%
|
7
|
60
|
4
|
10,810%
|
8
|
55
|
2
|
5,405%
|
|
Jumlah
|
37
|
100,00%
|
2.
Data Tentang Prestasi Belajar Siswa – Siswi Kelas X Multimedia SMKN
1 Ponorogo Tahun Ajaran 2012/2013.
Data tentang
prestasi belajar siswa siswa kelas X Multimedia SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran
2012/2013 diambil dari nilai rapor ujian akhir semester 2 melalui sumber data
sekunder yang mengambil contoh skripsi dari Mungin Pribadi dengan judul
“Pengaruh Komunikasi Orang Tua Yang Efektif
Terhadap Prestasi Belajar aqidah akhlak siswa – siswi kelas VII Mts
Nurul Mujtahidin tahun ajaran 2000/2001, yang dapat dilihat melalui tabel
berikut.
No.
|
Kode Responden
|
Nilai
|
1
|
SNB
|
7
|
2
|
KNB
|
8
|
3
|
GJKL
|
8
|
4
|
BJH
|
8
|
5
|
AKMA
|
7
|
6
|
JAHD
|
8
|
7
|
BHF
|
6
|
8
|
JKN
|
8
|
9
|
RTF
|
6
|
10
|
GDS
|
7
|
11
|
YTJ
|
7
|
12
|
GB
|
8
|
13
|
CHS
|
7
|
14
|
MKA
|
7
|
15
|
SYSH
|
7
|
16
|
SNH
|
8
|
17
|
DNS
|
8
|
18
|
CND
|
9
|
19
|
DND
|
8
|
20
|
NDM
|
7
|
21
|
JJF
|
6
|
22
|
FNE
|
7
|
23
|
NLW
|
8
|
24
|
DWA
|
8
|
25
|
DAK
|
7
|
26
|
TEW
|
7
|
27
|
DKH
|
8
|
28
|
JWGD
|
8
|
29
|
WDH
|
8
|
30
|
PWD
|
7
|
31
|
SQE
|
6
|
32
|
FGT
|
7
|
33
|
YPO
|
9
|
34
|
FGT
|
7
|
35
|
QRT
|
8
|
36
|
YJT
|
6
|
37
|
DPT
|
8
|
3.
Data Tentang Pengaruh Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap
Prestasi Belajar Siswa – Siswi Kelas X Multimedia SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran
2012/2013.
Setelah
diketahui skor angket dari komunikasi orang tua dan skor prestasi belajar, maka dibawah ini penulis
menyajikan data dengan jumlah tiap – tiap skor dari setiap variabel yang
didapat dari sumber data sekunder yang mengambil contoh skripsi dari Mungin
Pribadi dengan judul “Pengaruh Komunikasi Orang Tua Yang Efektif Terhadap Prestasi Belajar aqidah akhlak siswa
– siswi kelas VII Mts Nurul Mujtahidin tahun ajaran 2000/2001, hal ini dapat
dilihat dalam tabel sebagai berikut:
No.
|
Nama Responden
|
Skor X
|
Skor Y
|
Komunikasi Orang Tua
|
Prestasi Belajar
|
||
1
|
Siti Nana Barokah
|
75
|
7
|
2
|
Kinara Natasya Berlian
|
80
|
8
|
3
|
Gandi Jaya Kusuma law
|
75
|
8
|
4
|
Budi jtahya nawang
|
80
|
8
|
5
|
Andri Kusuma Madewa Agil
|
75
|
7
|
6
|
Joni Andrea Hinata Doni
|
75
|
8
|
7
|
Baki Hawin Kartono
|
70
|
6
|
8
|
Jusuf Kalla Narto
|
85
|
8
|
9
|
Seli
|
55
|
6
|
10
|
Agus purwiarawan
|
90
|
7
|
11
|
Zeni agustiana
|
75
|
7
|
12
|
Dewi saputri
|
75
|
8
|
13
|
Michael Candra
|
70
|
7
|
14
|
Mika Tatria
|
80
|
7
|
15
|
Eko setyawan
|
75
|
7
|
16
|
Siti Sri Lestari
|
65
|
8
|
17
|
Fitri Yulianti
|
80
|
8
|
18
|
Ery Muarrofah
|
80
|
9
|
19
|
Nur Laily
|
55
|
8
|
20
|
Enah Triwulan
|
65
|
7
|
21
|
Tita Agustin
|
60
|
6
|
22
|
Anggi Ayuningtias
|
80
|
7
|
23
|
Lutfi Nurhanifah
|
80
|
8
|
24
|
Fery Saputra
|
65
|
8
|
25
|
Utari P.
|
75
|
7
|
26
|
Mala Asfika
|
65
|
7
|
27
|
Dina kyiesdiana
|
70
|
8
|
28
|
Puji Lestari
|
85
|
8
|
29
|
Tika Silviana
|
80
|
8
|
30
|
Tria Prawita
|
60
|
7
|
31
|
Winda Angelina
|
60
|
6
|
32
|
Ririn Yulianti
|
65
|
7
|
33
|
April Kurniawati
|
80
|
9
|
34
|
Juwita Rahayu
|
70
|
7
|
35
|
Oktavia Yumantika
|
75
|
8
|
36
|
Wasis Teri
|
60
|
6
|
37
|
Wendy Saputra
|
80
|
8
|
|
Jumlah
|
2690
|
274
|
C.
Analisis Data
1.
Analisis Data Efektifitas Komunikasi Orang Tua
Sebelum
melakukan analisa terhadap data belajar efektifitass komunikasi orang tua,
perlu ditetapkan suatu kriteria terlebih dahulu, yaitu:
MX +
1.SDX = kategori tinggi
MX –
1.SDX s/d MX + 1.SDX = kategori sedang
MX –
1.SDX = kategori rendah
Perhitungannya
sebagai berikut:
No.
|
X
|
F
|
FX
|
X – MX = X
|
X2
|
FX2
|
1
|
90
|
1
|
90
|
17,2973
|
299,1965873
|
299,1965073
|
2
|
85
|
2
|
170
|
12,2973
|
151,2235873
|
302,4471746
|
3
|
80
|
10
|
800
|
7,2973
|
53,25058729
|
532,5058729
|
4
|
75
|
9
|
675
|
2,2973
|
5,27758729
|
47,4982856
|
5
|
70
|
4
|
280
|
-2,7027
|
7,30458729
|
29,21834926
|
6
|
65
|
5
|
325
|
-7,7027
|
59,33158729
|
296,6579365
|
7
|
60
|
4
|
240
|
-12,7027
|
161,3585873
|
645,4343492
|
8
|
55
|
2
|
110
|
-70,7027
|
4998,871787
|
9997,743574
|
Total
|
|
37
|
2690
|
|
5735,814898
|
12150,70205
|
a.
Mencari rata – rata (mean)
MX =
=
b.
Mencari SDX
SDX =
= 18,12173702
Jadi nilainya
1.
Tinggi, jika MX + 1.SDX
72,7027027 + 1(18,12173702) =
72,7027027 + 18,12173702
= 90,82443972 =90 (dibulatkan)
Jadi >90(kategori tinggi)
2.Sedang,
jika MX – 1.SDX s/d MX + 1.SDX
72,7027027
– 1(18,12173702) = 72,7027027 – 18,12173702
= 54,58096568 = 54 (dibulatkan)
Jadi
antara 54 s/d 90 (kategori sedang)
3.
Rendah, jika MX – 1.SDX
Jadi <54 (kategori
rendah)
Kategori
nilai efektifitas komunikasi orang tua
No.
|
Nilai
|
F
|
Presentase
|
Kategori
|
1
|
Lebih dari 90
|
1
|
2,70%
|
Tinggi
|
2
|
54 – 90
|
36
|
97,30%
|
Sedang
|
3
|
Kurang dari 54
|
-
|
-
|
-
|
|
Total
|
37
|
100%
|
|
Sehingga,
data tersebut memiliki kategori tinggi jika ≥ 90, memiliki kategori sedang jika diantara 54 s/d 90, dan memiliki
kategori rendah jika ≤ 54. Dengan
demikian, efektifitas komunikasi orang tua di SMKN 1 Ponorogo kelas X
Multimedia memiliki kategori sedang.
2.
Analisa Data Prestasi Belajar
No.
|
Y
|
F
|
FY
|
Y – MY = Y
|
Y2
|
FY2
|
1
|
9
|
2
|
18
|
1,594594595
|
2,542731922
|
5,085463844
|
2
|
8
|
16
|
128
|
0,594594595
|
0,353542732
|
5,656683712
|
3
|
7
|
14
|
98
|
-0,405405405
|
0,164353542
|
2,300949588
|
4
|
6
|
5
|
30
|
-1,405405405
|
1,975164352
|
59,25493056
|
|
Total
|
37
|
274
|
0,37837838
|
5,41417093
|
72,2980277
|
a.
Mencari rata – rata mean
My =
=
b.
Mencari SDy
SDy =
= 1,397855768
Jad nilainya
1.Baik, jika MX + 1.SDX
7,405405405 +
1(1,397855768) = 8,803261173 = 8 (dibulatkan)
Jadi >8
(kategori baik)
2.Cukup,
jika MX – 1.SDX s/d MX + 1.SDX
7,405405405 – 1(1,397855768) =
6,007549637 = 6 (dibulatkan)
Jadi 6 s/d 8 (kategori cukup)
3.Gagal,
jika MX – 1.SDX
Jadi <6 (kategori gagal)
Kategori
nilai prestasi belajar
No.
|
Nilai
|
F
|
Presentase
|
Kategori
|
1
|
Lebih dari 8
|
18
|
48,65%
|
Baik
|
2
|
6 – 8
|
19
|
51,35%
|
Cukup
|
3
|
Kurang dari 6
|
-
|
-
|
Gagal
|
|
|
37
|
100%
|
|
Sehingga, data tersebut dikatakan
memiliki kategori baik jika ≥8,
memiliki kategori cukup jika diantara 8 – 6, dan memiliki kategori gagal jika ≤6. Dengan demikian, prestasi belajar di SMKN 1 Ponorogo kelas X
Multimedia dikatakan memiliki kategori cukup.
3.
Analisa Data Pengaruh Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap
Prestasi Belajar.
Untuk
menganalisis data tentang efektifitas komunikasi orang tua terhadap prestasi
belajar siswa – siswi kelas X Multimedia SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran 2012/2013,
dengan cara sebagai berikut:
Langkah 1
Variabel X (independent)
yaitu efektifitas komunikasi orang tua.
Variabel Y (dependent) yaitu prestasi belajar.
Langkah 2
1.
Tabel Perhitungan
No.
|
X
|
Y
|
X2
|
Y2
|
XY
|
1
|
75
|
7
|
5625
|
49
|
525
|
2
|
80
|
8
|
6400
|
64
|
640
|
3
|
75
|
8
|
5625
|
64
|
600
|
4
|
80
|
8
|
6400
|
64
|
640
|
5
|
75
|
7
|
5625
|
49
|
525
|
6
|
75
|
8
|
5625
|
64
|
600
|
7
|
70
|
6
|
4900
|
36
|
420
|
8
|
85
|
8
|
7225
|
64
|
680
|
9
|
55
|
6
|
3025
|
36
|
330
|
10
|
90
|
7
|
8100
|
49
|
630
|
11
|
75
|
7
|
5625
|
49
|
525
|
12
|
75
|
8
|
5625
|
64
|
600
|
13
|
70
|
7
|
4900
|
49
|
490
|
14
|
80
|
7
|
6400
|
49
|
560
|
15
|
75
|
7
|
5625
|
49
|
525
|
16
|
65
|
8
|
4225
|
64
|
520
|
17
|
80
|
8
|
6400
|
64
|
640
|
18
|
80
|
9
|
6400
|
81
|
720
|
19
|
55
|
8
|
3025
|
64
|
440
|
20
|
65
|
7
|
4225
|
49
|
455
|
21
|
60
|
6
|
3600
|
36
|
360
|
22
|
80
|
7
|
6400
|
49
|
560
|
23
|
80
|
8
|
6400
|
64
|
640
|
24
|
65
|
8
|
4225
|
64
|
520
|
25
|
75
|
7
|
5625
|
49
|
525
|
26
|
65
|
7
|
4225
|
49
|
455
|
27
|
70
|
8
|
4900
|
64
|
560
|
28
|
85
|
8
|
7225
|
64
|
680
|
29
|
80
|
8
|
6400
|
64
|
640
|
30
|
60
|
7
|
3600
|
49
|
420
|
31
|
60
|
6
|
3600
|
36
|
360
|
32
|
65
|
7
|
4225
|
49
|
455
|
33
|
80
|
9
|
6400
|
81
|
720
|
34
|
70
|
7
|
4900
|
49
|
490
|
35
|
75
|
8
|
5625
|
64
|
600
|
36
|
60
|
6
|
3600
|
36
|
360
|
37
|
80
|
8
|
6400
|
64
|
640
|
|
|
|
2
198350
|
2
2052
|
Y
20050
|
2.
Mencari
dan
=
=
=
=
3.
Mencari b1 dan b0
b1 =
=
= 0, 046572679
b0 =
-b1.
= 7,405405405 –
(0,046572679. 72,7027027)
= 4,01944577
4.
Mendapatkan model / persamaan regresi linier sederhana
b0 + b1
. x = 4,01944577 + 0, 046572679 . x
D.
Pembahasan/Interpretasi Hasil
Langkah 3
1.
Pengujian signifikansi model.
Membuat tabel
anova dan menghitung nilai – nilai yang ada di dalam tabel anova (analysis
of variance).
Standar Variasi
|
Degree of Fredom (df)
|
Sum of Square
|
Mean Square
|
Regresi
|
P
1
|
SSR = [ bo
.
b1
.
] -
= [4,01944577 .
.
] -
= 6, 029274
|
MSR =
=
= 6, 029274
|
Error
|
n – (P+1) = 37- (1 +1)
= 37– 2
= 35
|
SSE =
bo.
b1 .
) =
2052 – (4,01944577 . 274 +
= 16, 889645
|
MSE =
=
=0,482561285
|
Total
|
P + [n – (P + 1)] =
1 + [37 – (1 +1)] = 36
|
SST
= SSR +SSE
=
= 2052
|
|
Hipotesis
Ho = Variabel efektifitas komunikasi orang tua tidak berpengaruh
terhadap prestasi belajar.
Ha = Variabel efektifitas komunikasi orang tua berpengaruh terhadap
prestasi belajar.
Statistik Uji
Fhitung
=
=
Ftabel = F
(1
; n – 2) = F0,01 ( 1
; 37 – 2 )
= F0,01 ( 1 ; 35
)
34
|
35
|
36
|
7,44
|
x
|
7,39
|
2 (x – 7,39) = 0,05
x – 7,39 =
x – 7,39 = 0,025
x = 0,025 + 7,39
= 7,415
Kesimpulan
Jika Fhitung >
Ftabel =
7,415
Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima
Langkah 4
Pemeriksaan
asumsi residual / error.
Besarnya
pengaruh variabel efektifitas komunikasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa
– siswi kelas X Multimedia SMKN 1
Ponorogo tahun ajaran 2012/2013.
R2 =
=
= 26, 30697373
%
Sisa = 100 –
26, 30697373
= 73,69302627 %
Interpretasi
Maka dari hasil
analisis data dengan menggunakan teknik statistik diatas dapat
diinterpretasikan bahwa pengaruh efektifitas komunikasi orang tua terhadap
prestasi belajar siswa – siswi
kelas X Multimedia SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran 2012/2013. Terlihat bahwa Fhitung lebih besar daripada
Ftabel. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yakni H0
ditolak. Sehingga ada pengaruh yang positif antara efektifitas komunikasi orang
tua dengan hasil prestasi belajar siswa
– siswi kelas X Multimedia SMKN 1
Ponorogo tahun ajaran 2012/2013.
Dengan pengaruh variabel efektifitas komunikasi orang tua sebesar 26,30697373
% terhadap prestasi belajar dan sisanya
73,69302627 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model yang
sedang diteliti.
.
BAB
V
PENUTUP
Kesimpulan
1.
Efektifitas komunikasi orang tua siswa – siswi kelas X SMKN 1
Ponorogo tahun ajaran 2012/2013 adalah (a) kategori tinggi mencapai (2,70 %),
(b) kategori sedang mencapai (97,30%), dan (c) kategori rendah kurang dari 54
tidak ada. Sehingga efektifitas komunikasi orang tua adalah kategori sedang.
2.
Prestasi belajar siswa – siswi kelas X Multimedia SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran
2012/2013 adalah (a) kategori baik mencapai (48,65%), (b) kategori cukup
mencapai (51, 35%), dan (c) kategori gagal kurang dari 6 tidak ada. Sehingga
prestasi belajar adalah kategori cukup.
3.
Terdapat ada pengaruh antara Efektifitas komunikai orang tua
terhadap prestasi belajar siswa – siswi kelas X Multimedia SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran
2012/2013 dengan analisis regresi linier sederhana sebesar
. Jadi dengan
demikian H0 ditolak.
Saran
1.
Bagil lembaga sekolah, sebagai bahan informasi dalam usaha sekolah
untuk meningkatkan kerja sama sekolah dengan orang tua siswa siswi untuk
menciptakan suasana yang dapat mendukung prestasi belajar siswa siswi.
2.
Bagi guru, diharapkan dapat memahami terhadap siswa siswi yang
memiliki prestasi belajar sedang dengan membantudan meningkatkan semangat
kepada siswa siswi dengan cara memberikan bantuan dalam hal proses belajar yang
lebih aktif antara guru dan siswa.
3.
Bagi orang tua, diharapkan untul lebih meningkatkan komunikasi dan
bimbingan terhada anak – anaknya, agar dapat membantu anak untuk meningkatkan
prestasi belajarnya.
4.
Bagi siswa, yang memiliki prestasi belajar yang sedang untuk lebih
berusaha dan jangan ragu dalam meningkatkan prestasi belajarnya, agar proses
pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Bagi siswa yang mempunyai
prestasi tinggi diharapkan dapat membantu temannya yang berprestasi rendah dan
dapat mempertahankan hasil prestasi.
5.
Bagi peneliti, sebagai bahan rujukan nantinya menjadi guru dan
orang tua yang dapat membantu anakny mencapai prestasi belajar yang bagus
dengan cara – cara yang baik.
No comments:
Post a Comment