Satuan Pendidikan : SMP IIS PSM
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VIII (delapan) / Genap
Materi Pokok : Makanan dan Minuman yang Halal
dan yang Haram
Alokasi Waktu :
1 pertemuan (2 x 40 menit)
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
A.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Menerapkan
ketentuan syariat islam dalam mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi
|
|
|
3.9.
|
Memahami hikmah penetapan
makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits
|
3.9.1.Menjelaskan pengertian
makanan dan minuman yang
halal
3.9.2.Menjelaskan pengertian
Makanan dan minuman yang
Haram
3.9.3.Menyebutkan kreteria makanan
dan minuman yang halal
dan
yang haram
3.9.4.Menunjukkan dalil al-qur.an dan
hadits terkait dengan
makanan
yang halal dan haram.
3.9.5.Menyebutkan manfaat makanan
yang halal dan madhorot/ bahaya
makanan yang haram
|
3
|
4.9.
|
Mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sesuai
ketentuan syariat Islam
|
4.9.1. Memilih mengkonsumsi
makanan yang halal dan bergizi sesuai syari’at Islam
4.9.2. Meninggalkan makanan yang
haram dan tidak sesuai syariat islam dalam kehidupan sehari-hari
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang Pengertian makanan/minuman yang halal peserta didik dapat menjelaskan pengertian makanan yang halal
2.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang Pengertian makanan/minuman yang haram peserta didik dapat menjelaskan pengertian makanan yang haram
3.
Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang kriteria makanan/minuman yang halal dan yang haram peserta didik dapat mengidentifikasi kriteria makanan /minuman yang halal dan yang haram
4.
Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang manfaat makanan / minuman yang halal dan
bahaya/madhorot makanan dan minuman yang haram
5. Diberi kesempatan berlatih membaca dalil al-quran dan
al-Hadits yang terkait dengan makanan/minuman yang halal dan yang haram peserta
didik dapat menyebutkan dalil
Yang terkait dengan makanan/ minuman yang halal dan
yang haram
6. Diberikan kesempatan untuk mencari contoh makanan / minuman
yang halal dan yang haram sesuai dengan syariat islam,peserta didik dapat
menyebutkan contoh jenis makanan dan minuman yang halal dan yang haram.
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1.
Pengertian
a. Pengertian makanan /minuman yang halal
b.
Pengertian makanan/minuman yang haram
2.
Kriteria makanan / minuman yang halal dan yang haram
sesuai syariat Islam
3.
Manfaat makkanan /minuman yang halal dan bahaya makanan /minuman yang
haram
4.
Membaca ayat al-quran QS.al-Baqarah: 168
5.
Mengartikan QS.al-Baqarah: 168
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Model Pembelajaran Kontekstual
2.
Teknik jigsaw learning
E.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku teks siswa PAI SMP Kelas VIII
2.
Hand out materi
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Papan tulis
2.
Alat
a.
Kertas bergambar
b.
spidol
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama
2)
Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
3)
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pembelajaran.
4)
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berkelompok.
5)
Menyampaikan tahapan kegiatan
yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1)
Mengamati:
Setiap kelompok membaca dan mencermati teks yang
menyajikan materi tentang makanan dan minuman yang halal dan haram.
2)
Menanya:
Setiap kelompok mendiskusikan pertanyaan yang diberikan Guru tentang makanan dan minuman yang halal dan
haram
dan kriterianya
3)
Mengeksplorasi:
Setiap kelompok membuat skema kreteria tentang
jenis-jenis makanan yang dihalalkan dan yang diharamkan.
4)
Mengasosiasi:
Setiap kelompok membuat skema hubungan antara makanan yang diharamkan dengan kegagalan
hidup pelakunya.
5)
Mengkomunikasikan:
Setiap kelompok
mengirimkan delegasi ke kolompok lain untuk menjelaskan materi diskusinya
kemudian
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
2)
Penutup (10 menit)
a. Guru
melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses
pembelajaran.
b. Guru
bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
dengan kertas bergambar.
c. Guru bersama-sama para peserta didik menutup
pelajaran dengan berdoa.
Format Penilaian Sikap Spiritual
1. Penilaian diri sendiri
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh siswa untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ……………..
Kelas :
………..
Tanggal Pengamatan : ……………
Sikap yang dinilai : Spritual
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya selalu
makan makanan yang halal sehat dan bergizi
|
|
|
|
|
2
|
Sesekali kita
perlu makan makanan yang mahal meskipun tidak halal untuk kesehatan tubuh
kita
|
|
|
|
|
3
|
Makan makanan yang dihararamkan
sebenarnya dapat membuat badan kita menjadi sehat dan kuat
|
|
|
|
|
4
|
Makanan yang
halal pasti harganya mahal sehingga sulit untuk kita lakukan
|
|
|
|
|
5
|
Makanan halal
akan membuat tubuh kita menjadi sehat
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 16, skor tertinggi 4 x 5
pernyataan = 20, maka skor akhir :
2.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat mengartikan QS.al-Baqarah: 168
|
Artikan QS.al-Baqarah: 168 dengan benar!
|
2.
|
Dapat mengertian
makanan halal dan haram
|
Apa pengertian makanan halal dan haram?
|
3
|
Dapat menjelaskan kriteria makanan dan minuman yang
haram
|
Jelaskan kriteria makanan minuman yang haram !
|
4
|
Dapat menyebutkan bahaya mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan
|
Sebutkan 3 bahaya mengonsumsi makanan yang
diharamkan!
|
5
|
Dapat menyebutkan manfaat mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi
|
Sebutkan 3
manfaat mengonsumsi makanan/minuman yang halal dan bergizi !
|
3.
Keterampilan
1.
a. Teknik Penilaian : Performance
b. Bentuk Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat membaca QS.al-Baqarah: 168
|
Bacalah QS.al-Baqarah: 168
|
|
|
|
2.
a.Teknik : Portofolio
b.Bentuk
Instrumen : Tugas Kelompok
c.Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
4.9.1
|
Memilih Mengkomsumsi
makanan yang halal dan bergizi sesuai Syariat
Islam
|
Tugas Kelompok
|
portofolio
|
Buatlah daftar pruduk
makanan/minuman yang Halal dan bergizi untuk dikonsumsi yang bersertifikat
halal di sebuah supermarket
dilingkungan kalian
|
4.9.2
|
.Meninggalkan makanan yang
haram dan tidak sesuai syariat islam dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas kelompok
|
Portofolio
|
Buatlah daftar produk makanan dan minuman yang
haram dikonsumsi dan tidak sesuai dengan syariat islam
Dilingkungan sekitar
kalian.
|
Lampiran
Instrumen Penilaian:
Nama
Supermarket : ……………………………..
Alamat : …………………………..…
Kelompok
: ……………………………..
Nama 1. ……………………………….
2.
……………………………….
3.Dst.
DAFTAR PRODUK MAKANAN DAN
MINUMAN YANG HALAL DIKONSUMSI DAN BERGIZI
NO
|
NAMA PRODUK MAKANAN /
MINUMAN
|
BERLABEL HALAL
|
TIDAK BERLABEL HALAL
|
KANDUNGAN GIZI
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
DAFTAR PRODUK MAKANAN DAN
MINUMAN YANG HARAM DIKONSUMSI
NO
|
NAMA PRODUK MAKANAN /MINUMAN
|
BAHAN BAKU
|
BAHAN CAMPURAN
|
KANDUNGAN GIZI
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Petunjuk Pensekoran:
1.Siswa mendaftar 10 jenis produk makanan dan minuman
yang halal ,10 jenis produk makanan/
Minuman yang
haram
2.Setiap item jenis produk bobot sekor : 5
Rumus :Jumlah jenis produk yang di daftar x bobot skor
Magetan, 20 April 2016
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, Pendidikan
Agama Islam
Puji, S.Pd. Muhammad
Taufiqur Rahman, S.Pd.I
No comments:
Post a Comment